Demi Kelestarian Lingkungan Perhutanan, Pemerintah Jalin Kerjasama Program Perhutanan Sosial

oleh -14 views
kerjasama kehutanan
Foto: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Panennews.com – Program Perhutanan Sosial menemui titik terangnya dengan membangun hubungan kerjasama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

Persoalan kewenangan dalam pengurusan dapat diselesaikan dengan kolaborasi ini, sehingga wewenang dan tanggung jawab dapat terintegrasi dengan berbagai pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta lembaga lainnya yang terkait, bahkan masyarakat sebagai pelaku utama.

Program Perhutanan Sosial diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap kelestarian lingkungan perhutanan dan menjadikan masyarakat lebih siap mandiri secara ekonomi. Semua pihak yang terlibat akan memiliki peranannya masing-masing dalam pelaksanaan salah satu program strategis ini.

Dalam konteks bisnis perekonomian, sistem bisnis Perhutanan Sosial bersifat terpadu, dari subsistem hulu (on-farm), industri pasar (off-farm) dan sub-sistem pendukungnya seperti kelembagaan, modal, teknologi, inovasi dan sebagainya yang keseluruhannya memerlukan dukungan dari berbagai pihak terkait yang di pusat maupun daerah.

Kesatuan Pengolaan Hutan (KPH) sebagai pelaku teknis juga diminta turut terlibat dalam pelaksanaan program ini, khususnya dalam memfasilitasi kebutuhan kegiatan. Harapannya, kegiatan kolaborasi ini selain untuk kebaikan hutan juga bisa memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan perekonomian masyarakat.