Cegah Penyakit Jembrana Dengan Galakkan Vaksin Sapi

oleh -110 views
Sapi Totol Hitam
Ilustrasi Peternakan Sapi - Foto : Freepik

Panennews.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pemberian vaksin tahap pertama untuk mencegah sebanyak 4.000 ekor sapi terserang penyakit Jembrana selesai dalam bulan Oktober 2019.

Kabupaten Mukomuko tahun ini kembali menerima bantuan sebanyak 8.000 dosis vaksin untuk mencegah sebanyak 4.000 ekor sapi terserang penyakit jembrana dari Kementerian Pertanian.

“Dengan vaksin sebanyak 8.000 dosis, instansinya akan melakukan vaksinasi terhadap 4.000 sapi. Kita memberikan vaksin sebanyak dua tahap. Kami targetkan pemberian vaksin tahap pertama selesai dalam bulan ini, kemudian dilanjutkan lagi dengan pemberian vaksin tahap kedua pada bulan November,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman.

Baca Juga :   Kenali 3 Jenis Kucing Dengan Karakteristik Penyayang

Ia mengatakan untuk mencegah penularan penyakit, ia meminta, masyarakat peternak sapi khususnya yang berada di wilayah endemik penularan penyakit jembrana di daerah ini untuk tidak melepasliarkan hewan ternaknya.

Ia mencatat, sejak bulan Januari 2019 sampai sekarang sekitar 100 ekor sapi milik  peternak di daerah ini yang mati mendadak diduga akibat terserang penyakit jembrana.

Dari sekitar 100 sapi yang mati akibat jembrana tersebut, paling banyak ditemukan di beberapa wilayah yang tersebar di Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan Penarik.

Baca Juga :   Cegah Penyakit Rabies, Ratusan Ekor Kucing Di Pulau Untung Jawa Divaksinasi

Sedangkan tiga Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang melakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit jembrana pada sapi  tersebar di Desa Pulai Payung, Kecamatan Ipuh, Puskeswan Kecamatan Air Manjuto dan Puskeswan Kecamatan Penarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.