Budidaya Maggot, Alternatif Pakan Ayam Dari Kotorannya

oleh -1.433 views
Ilustrasi Peternakan Ayam
Peternakan Ayam - Foto: IG/broilerfarm

Panennews.com – Kotoran ayam sering identik dengan suatu yang jorok, bau yang tidak enak dan tidak memiliki manfaat. Namun ternyata dibalik pandangan negatif terhadap kotoran tersebut, terdapat berbagai macam manfaat yang dapat diambil dengan mengolahnya menjadi suatu hal yang baru. Seperti pada pemanfaatan kotoran ayam sebagai alternatif pakan ayam.

Memang masih jarang dikembangkan di Indonesia, namun pengolahan ini bisa dengan mudah diterapkan oleh masyarakat yang khususnya telah bergelut di bidang peternakan ayam. Pemanfaatan kotoran ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan budidaya maggot untuk kotoran ayam.

Baca Juga :   Mau Ternak Burung Puyuh? Baca Tips nya Di Sini

Maggot adalah jenis anakan lalat black soldier yang mampu menghabiskan limbah dengan cepat. Sehingga di harapkan tai ayam yang berserakan dapat di bersihkan oleh larva bsf dalam waktu singkat. Pemeliharaan maggot dapat juga menjadi pilihan terbaik dalam menanggulangi kotoran ayam yang menggunung dan pengelolaan kotoran ayam.

Selain untuk mengatasi permasalahan kotoran ayam di kendang, maggot juga dapat dipergunakan menjadi tepung sebagai bahan campuran pakan ayam.

Pemanfaatan tepung maggot untuk pakan ayam akan menekan biaya pakan ayam karena penggunaannya sebagai pengganti pakan ayam. Selain murah dan terjangkau karena pengelolaannya dapat secara langsung dari kotoran ayam, tepung jenis ini juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah dengan tepung tulang, tepung ikan dan tepung udang.

Baca Juga :   Kicauan Indah Kutilang Menjadi Buruan Para Pecinta Burung

Selain itu, pengelolaan tepung maggot ini juga tentu menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan, dengan modal sedikit, tepung ini selain dapat dimanfaatkan untuk pakan ayam juga dapat dipergunakan untuk pakan ikan dan campuran pakan hewan lainnya.

Komentar