Begini Cara Menanam Kunyit Yang Baik dan Benar

oleh -17 views
kunyit
Ilustrasi Rempah Kunyit - Foto : Pixabay

Panennews.com – Salah satu jenis rempah-rempahan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia adalah kunyit. Selain fungsi yang begitu banyak diantaranya untuk bumbu masakan, jamu, obat herbal, hingga untuk bahan baku dalam kosmetik kecantikan.

Akan tetapi, apakah anda tahu bagaimana cara menanam tanaman yang masih tergolong dalam kelompok jahe-jahean ini?. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Memilih Bibit

Memilih bibit kunyit yang bagus adalah kunci utamanya. Salah satu ciri memilih bibit jenis Curcuma longa ini yaitu pemecahan rimpang, sebab bibit ini cukup cepat untuk bisa tumbuh. Selain itu pilihlah jenis bibit yang sudah berumur yaitu mulai dari 7 hingga 12 bulan.

Baca Juga :   Mengenal Rempah Vanili Yang Ada Di Indonesia

Kemudian setelah itu semaikan bibit tersebut dengan cara sirkulasi angin yang bagus. Usahakan tempatnyapun harus rindah. Setelah itu jangan lupa untuk menyiramnya 2 kali sehari.

Media Tanah

Penggemburan pada media tanah cukup memberikan dampak yang signifikan. Lakukan pencangkulan sekitar 30 cm dan biarkan selama 2 minggu. Setelah itu pastikan media tanah tersebut bebas dari hama. Untuk memaksimalkan media tersebut, maka tingkatkan juga kandungan hara-nya. Cara terbaik yaitu dengan memberikan pupuk kompos dan diamkan sekitar 1 minggu.

Proses Penanaman

Usahakan masa tanam dilakukan pada awal musim hujan. Hal ini karena agar asupan air pada jenis rempah ini terpenuhi dengan baik. Adapun cara menanam bibitnya cukup membuat lubang pada media tanah yang sudah disediakan dengan arah mata tunas menghadap ke atas.

Baca Juga :   Tips Menanam Sawi di Rumah, Mudah Banget Kok Caranya

Proses Pemeliharaan

Tentu tanaman yang ditanam harus dipelihara dengan baik. Minimal ada 3 proses yang bisa anda lakukan. Pertama yaitu penggantian tanaman yang mati dengan bibit baru. Kedua, penyiangan yang dapat berfungsi menghilangkan gulma yang akan mengganggu tumbuh kembangnya kunyit. Adapun yang terakhir yaitu dengan pembubunan agar tanah yang tercecer bisa dikembalikan ke perakaran tanaman kunyit tersebut.

 

Komentar