Presiden Tinjau Proyek Percontohan Ternak Sapi Belgian Blue

oleh -130 views
jokowi tinjau ternak sapi
Presiden Jokowi meninjau proyek proyek percontohan sapi jenis belgian blue di Desa Parsingguran - Foto : Biro Pers Setpres

Panennews.com – Presiden Joko Widodo mengakhiri lawatan kunjungan kerjanya dengan meninjau proyek percontohan sapi jenis belgian blue di Desa Parsingguran, Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera utara, Rabu (31/7/2019).

Jenis sapi yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tersebut dapat dikatakan sebagai jenis baru di Indonesia dan diharapkan dapat menjadi bibit unggul bagi pemenuhan kebutuhan daging nasional di masa mendatang.

Bobot dari sapi jenis belgian blue ini bisa mencapai 1,5 ton apabila dapat dirawat dengan baik. Adapun warna sapi yang terdapat di sana yaitu putih, hitam, serta campuran hitam putih. Oleh karena itu, presiden akan mengembangkan proyek ini ke wilayah lainnya jika pada proyek percontohan ini berhasil.

Baca Juga :   Harga Daging Sapi Meroket, Mentan : Ada Over Stock Yang Cukup

“Ini sapinya baru tiga hari. Biar nyoba disini, tadi ditanya katanya sapinya senang disini. Jadi oke lah kita tambah lagi. Ini digedein dulu, kalau betul produktif bisa jadi contoh‎,” ujar presiden.

Selain mengunjungi proyek pertenakan sapi tersebut, presiden juga mengunjungi lahan pengembangan sentra bawang putih yang dikembangkan oleh Kementrian Pertanian pada tahun 2018 yang lalu. Pada kesempatan tersebut Jokowi mengharapkan dengan adanya pengembangan bawang putih ini akan mampu menyuplai pada regional provinsi Sumatera Utara, sehingga akan menekan angka impor yang lebih banyak.

Baca Juga :   Jarang Yang Tahu, Ternyata Burung Beo Banyak Jenisnya

Saat ini budidaya bawang putih mampu menyumbangkan sekitar 16,4 ton per hektare. Dengan hasil yang melimpah tersebut diharapkan budidaya komoditi bawah putih dapat ditingkatkan dan lebih diseriuskan lagi pada desa tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *