Bawang Merah Trisula Alternatif Tanaman Pada Polybag

oleh -990 views
bawang merah trisula
Bawang Merah Jenis Trisula Yang Ditanam Pada Polybag - Foto : Amar/Panennews.com

Panennews.com – Berkebun atau menanam aneka macam tumbuhan memang menjadi sesuatu yang cukup mengasyikkan. Akan tetapi terkadang area lahan yang dibutuhkan haruslah luas dan mencukupi. Lalu, bagaimana menyiasati lahan yang sempit tetapi masih bisa menanam tanaman yang kiranya bisa dinikmati hasilnya saat panen.

Di temui di kawasan lingkungan Rusun Flamboyan, Cengkareng, Jakarta Barat, Siti Rahayu, selaku ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan menyatakan bahwa jenis tanaman yang bisa ditanam pada media polybag yaitu jenis bawang merah varietas trisula.

“Kami baru saja mencoba menanam bawang merah jenis trisula yang ditanam dengan media polybag” tutur Rahayu. Selain varietas trisula, ada juga jenis mentes. Jenis bawang merah yang biasanya mempunyai masa panen sekitar 55 hari ini memang sangat cocok diaplikasikan pada polybag.

Baca Juga :   Jeruk Manis, Buah Iris yang Sedap Disantap

Pada tahap awal, area tersebut ditanam lebih dari 50 polybag yang berjajar rapi di samping bangunan tersebut. Dengan pencahayaan yang baik dan ruang terbuka yang terletak di depan maka diharapkan jenis tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Rahayu berharap, jika memang nantinya bawang ini panen dengan baik, maka tak segan ia dan kelompoknya akan mengembangkannya lebih lanjut.

Lebih lanjut, selain perawatan yang mudah dan fleksibel di tempatkan dimana saja, bawang merah ini juga dapat tumbuh dengan baik pada media-media seperti polybag. Dengan demikian untuk lahan yang tidak terlalu luas, hal tersebut dapat ditanam dengan baik.

Selain itu, jenis bawang merah ini mempunyai karakteristik ketahanan yang cukup baik. Varietas trisula dapat bertahan hingga 5 bulan dalam keadaan normal. Maka dari itu, keunggulan ketahanan yang cukup lama tersebut tentu dapat meningkatkan produksi pangan.

Baca Juga :   KWT Flamboyan Kini Kembangkan Sayuran Hidroponik

Media Polybag

Kebutuhan media tanam seperti pot atau polybag memang dirasa cukup penting pada lahan-lahan yang sempit. Akan tetapi jenis media tanam ini juga perlu diperhatikan karakteristiknya demi menunjang tumbuhnya tanaman nantinya.

Pada KWT Flamboyan tersebut, minimal pada media polybagnya terdapat tanah, sekam, dan juga pupuk. Ketiga campuran media tanah dan pupuk ini diharapkan mampu untuk menumbuhkan bawang merah yang ditanamnya.

Memang jenis media pot harus mampu memberikan ruang untuk tumbuh dan berkembang bagi akar tanaman. Selain itu, polybag juga harus dapat menyimpan air serta sirkulasi drainase yang baik agar dapat mengatur oksigen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.